Saturday, August 27, 2022

Dunia itu indah dan manis tapi awas!

Dunia itu indah dan manis tapi awas!


Nabi Sallallahu'alaihiwasallam mengkhabarkan tentang keadaan dunia dan isinya yang menakjubkan bagi orang-orang yang memandang dan merasakannya. Dunia itu indah dan manis meliputi sifat dunia dan isinya secara umum. Sabda Rasulullah Sallallahu'alaihiwasallam,


عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا، وَاتَّقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بْنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاء


Maksudnya:"Dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda, “Sesungguhnya dunia ini manis dan indah. Dan sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menguasakan kepada kalian untuk mengelola apa yang ada di dalamnya, lalu Dia melihat bagaimana kalian berbuat. Oleh kerana itu berhati-hatilah terhadap dunia dan wanita, kerana fitnah yang pertama kali terjadi pada Bani Israil adalah kerana wanita.”


Diriwayatkan oleh Muslim (2742) Ahmad (III/22), an-Nasa`i  (9224), Ibnu Hibban (3211), al-Baihaqi (VII/91).


Dalam hadith di atas, Nabi Sallallahu'alaihiwasallam mengkhabarkan apa yang telah terjadi pada umat-umat sebelum kita. Kerana dalam semua peristiwa itu terdapat ‘ibrah (pelajaran) bagi orang-orang yang mahu mengambil pelajaran, serta nasihat bagi orang-orang yang bertakwa.


Seorang Muslim mestilah berwaspada terhadap fitnah wanita, kerana ada di antara manusia yang terseret oleh kecintaannya yang berlebihan terhadap isterinya sehingga ia berbuat durhaka kepada orang tuanya, memutuskan silaturahim dan berbuat kerosakan di atas muka bumi, sehingga laknat Allah akan menimpanya.


Allah Subhanahuwata'ala berfirman,


فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ ﴿٢٢﴾ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَىٰ أَبْصَارَهُمْ


Maksudnya:"Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerosakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?Mereka itulah orang-orang yang dilaknat oleh Allah; lalu dibuat tuli (pendengarannya) dan dibutakan penglihatannya". Muhammad ayat 22-23.


Di antara manusia ada yang diseret oleh kecintaannya kepada isterinya atau wanita yang dicintainya untuk mencari harta yang haram kerana demi memenuhi kecintaannya dan memuaskan syahwatnya. Di antara mereka pun ada yang saling membunuh dengan tetangganya dengan sebab kerenah isterinya.


Allah Subhanahuwata'ala pernah menegur Nabi Muhammad Sallallahu'alaihiwasallam, Dia berfirman:


يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ لِمَ تُحَرِّمُ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكَ ۖ تَبْتَغِي مَرْضَاتَ أَزْوَاجِكَ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ ﴿١﴾ قَدْ فَرَضَ اللَّهُ لَكُمْ تَحِلَّةَ أَيْمَانِكُمْ ۚ وَاللَّهُ مَوْلَاكُمْ ۖ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ


Maksudnya:"Wahai Nabi, mengapa engkau mengharamkan apa yang dihalalkan Allah bagimu? Engkau ingin menyenangkan hati isteri-isterimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. Sungguh, Allah telah mewajibkan kepadamu membebaskan diri dari sumpahmu; dan Allah adalah pelindungmu dan Dia Maha Mengetahui, Maha Bijaksana". At-Tahrim/ ayat 1-2.


Dunia itu manis dalam rasanya dan indah pemandangannya, sebagaimana Allah Subhanahuwata'ala berfirman:


زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ


Maksudnya:"Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, haiwan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik". Ali-Imran ayat 14.


Allah Subhanahuwata'ala juga berfirman:


إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا


Maksudnya:"Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya". Al-Kahfi ayat 7.


Dunia dan isinya yang menakjubkan serta indah dan manis meliputi sifat dan isinya terkesan bagi orang-orang yang memandang dan merasakannya. 


Namun disebalik kesemua itu, Allah Subhanahuwata'ala pula menjadikannya sebagai ujian dan cobaan bagi para hamba-Nya. Sehingga Nabi Sallallahu'alaihiwasallam memerintahkan umatnya untuk mengerjakan hal-hal yang boleh menjaganya agar tidak terjatuh dalam fitnah dunia.


Allah Subhanahuwata'ala juga memberikan kemampuan kepada  hamba-Nya untuk mengelola isi dunia ini,  Barang siapa mengambil  dunia dari yang halal dan meletakkannya sesuai dengan haknya serta memanfaatkannya agar ia boleh beribadah kepada Allah, maka itu semua menjadi bekal baginya untuk pergi ke tempat yang lebih mulia dan kekal iaitu syurga. Dengan demikian, sempurnalah baginya kebahagiaan dunia dan akhirat. Akan tetapi sebaliknya, barang siapa menjadikan dunia sebagai cita-cita terbesarnya dan tujuan dari ilmunya serta keinginannya, maka ia akan mendapat dunia sesuai dengan yang telah ditetapkan baginya oleh Allah Subhanahuwata'ala. Sehingga akhirnya, hidupnya sengsara, dia tidak merasakan kelazatan dan syahwatnya kecuali hanya sebentar saja. Kelazatannya sedikit, tetapi kesedihannya berpanjangan.


Semua bentuk kelazatan dunia merupakan ujian dan cobaan. Di dalam hadith di atas disebutkan dua fitnah yang besar, iaitu fitnah dunia dan fitnah wanita.


Dunia dan segala isinya termasuk wanita adalah indah dan manis, namun jangan  sekali-kali seorang Muslim tertipu dengannya, kerana kehidupan dunia adalah kehidupan yang menipu. Allah Subhanahuwata'ala berfirman,


وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ


Maksudnya:"… Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya". Ali-Imran ayat 185.


Allah Subhanahuwata'ala juga berfirman:


إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ


Maksudnya:"…Sungguh, janji Allah pasti benar, maka janganlah sekali-kali kamu terpedaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu terpedaya oleh penipu dalam (menaati) Allah".  Luqman ayat 33.


Cinta dunia merupakan induk dari segala kesalahan (dosa) dan merosak agama:


Pertama: Mencintai dunia bererti mengagungkan dunia, padahal ia sangat hina di pandangan Allah. Termasuk dosa yang paling besar adalah mengagungkan sesuatu yang direndahkan oleh Allah Subhanahuwata'ala.


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku mendengar Rasûlullâh Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


أَلَا إِنَّ الدُّنْيَا مَلْعُوْنَةٌ مَلْعُوْنٌ مَا فِـيْهَا إِلَّا ذِكْرُ اللهِ وَمَا وَالَاهُ وَعَالِـمٌ أَوْ مُـتَـعَلِّـمٌ


Maksudnya:"Ketahuilah, sesungguhnya dunia itu dilaknat dan dilaknat apa yang ada di dalamnya, kecuali zikir kepada Allâh dan ketaatan kepada-Nya, orang berilmu, atau orang yang mempelajari ilmu". Al-Tirmizi (2322)


Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


مَنْ أَحَبَّ دُنْيَاهُ أَضَرَّ بِآخِرَتِهِ وَمَنْ أَحَبَّ آخِرَتَهُ أَضَرَّ بِدُنْيَاهُ فَآثِرُوا مَا يَبْقَى عَلَى مَا يَفْنَى


Maksudnya:“Siapa yang begitu cinta dengan dunianya, maka itu akan memudaratkan akhiratnya. Siapa yang begitu cinta akhiratnya, maka itu akan mengurangi kecintaannya pada dunia. Dahulukanlah negeri yang akan kekal abadi (akhirat) dari negeri yang akan fana (dunia)".  Riwayat Ahmad (4:412).


Kedua:  Mencintai dunia bererti menjadikan dunia sebagai tujuan dan menjadikan amal akhirat sebagai alat untuk menggapai dunia. Dengan maksud, mereka yang mencintai dunia menjadikan amal dan segala ciptaan Allah yang sepatutnya digunakan sebagai sarana untuk menuju kepada Allah Subhanahwata'ala dan negeri akhirat namun telah berubah arah kepada mengejar kepentingan dunia.


Ini adalah merupakan keburukan dari semua sisi. Juga bererti membalikan sesuatu pada posisi yang benar-benar terbalik. Ini sesuai dengan firman Allah Subhanahuwata'ala,


مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ﴿١٥﴾أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ


Maksudnya:"Barang siapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, nescaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh balasan di akhirat kecuali neraka. Dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan".  Hud ayat 15-16.


Ketiga: Mencintai dunia akan membuat manusia tidak sempat melakukan sesuatu yang bermanfaat baginya di akhirat, akibat dari kesibukannya dengan dunia dan kesukaannya. Sebagaimana firman Allah Subhanahuwata'ala,


وَأَنفِقُوا مِن مَّارَزَقْنَاكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلآ أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ الصَّالِحِينَ {10} وَلَن يُؤَخِّرَ اللهُ نَفْسًا إِذَا جَآءَ أَجَلُهَا وَاللهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ{11


Maksudnya:"Dan berinfaklah sebahagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu, sebelum datang kematian kepada salah seorang diantara kamu lalu ia berkata dengan menyesali : Wahai tuhanku, mengapa engkau tidak memberikan aku sedikit waktu lagi, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang  shaleh. Dan Allah sekali-kali tidak akan pernah memberikan memberikan kesempatan kepada seseorang apabila datang waktu ajalnya, Allah Maha mengenal apa yang kamu kerjakan".  Al-Munafiqun ayat 10-11.


Perlu direnungkan bahawa dunia ini adalah umpama jambatan menuju akhirat.  Dunia adalah tempat untuk memperbanyakan bekal untuk menuju akhirat, tempat ibadah, tempat solat, tempat berpuasa, tempat zakat dan tempat ibadah lainnya. Sebagaimana Rasulullah Sallallahu'aihiwasallam bersabda,


كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ


Maksudnuya:"Jadilah kamu di dunia seakan-akan seperti orang asing atau orang yang melakukan perjalanan".  Riwayat Bukhari.


Keempat: Cinta dunia,iaitu apabila seseorang hamba itu menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya dan mengesampingkan urusan akhiratnya serta menjadikan dunia sebagai cita-cita terbesar sebagai seorang manusia.


Dunia yang akan didapatnya hanya seukuran ketentuan yang telah ditetapkan baginya, tidak lebih, meskipun ia bekerja keras dari pagi hingga ke malam, bahkan hingga ke pagi semula dengan mengorbankan kewajibannya beribadah kepada Allah, mengorbankan hak-hak isteri, anak-anak, keluarga, orang tua, dan lainnya.


Maka Allah Subhanahuwata'ala akan menjadikan urusan dunianya tercerai-berai, berantakan, serba sulit, serta menjadikan hidupnya selalu diliputi kegelisahan. Allah Subhanahuwata'ala juga akan menjadikan kefakiran di depan matanya, selalu takut miskin, atau hatinya selalu tidak merasa cukup dengan rezeki yang Allah Subhanahuwata'ala kurniakan kepadanya.


Raslullah Shlallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


مَنْ كَانَتِ الدُّنْيَا هَمَّهُ فَرَّقَ اللهُ عَلَيْهِ أَمْرَهُ ، وَجَعَلَ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ ، وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا مَا كُتِبَ لَـهُ ، وَمَنْ كَانَتِ الْآخِرَةُ نِيَّـتَهُ جَمَعَ اللهُ لَهُ أَمْرَهُ ، وَجَعَلَ غِنَاهُ فِـيْ قَلْبِهِ ، وَأَتَـتْهُ الدُّنْـيَا وَهِـيَ رَاغِمَـةٌ


Maksudnya:"Barangsiapa tujuan hidupnya adalah dunia, maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia mendapat dunia menurut apa yang telah ditetapkan baginya. Dan barangsiapa yang niat (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allâh Azza wa Jalla akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina". Riwayat Ahmad, II/358; at-Tirmidzi (2466), Ibnu Mâjah (4107)


Kelima: Cinta dunia dan penggila harta akan lebih mengutamakan dunia daripada akhirat, yang mana mereka adalah orang yang kurang akal dan paling idiot. Kerananya, ia lebih mengutamakan khayalan daripada kenyataan, lebih mengutamakan bayang-bayang yang segera hilang daripada kenikmatan yang kekal, lebih mengutamakan rumah yang segera binasa dan menukar kehidupan yang abadi yang nyaman dengan kehidupan yang tidak lebih dari sekadar mimpi atau bayang-bayang yang segera hilang. Sesungguhnya orang yang cerdas akal tidak akan tertipu dengan hal-hal semacam itu.


Raslullah Sallallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ قَالَ : كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ قَالَ : « أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا ». قَالَ فَأَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ قَالَ : « أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ ».


Maksudnya:"Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Aku pernah bersama Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam, lalu seorang Anshor mendatangi beliau, ia memberi salam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, mukmin manakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Yang paling baik akhlaknya.” “Lalu mukmin manakah yang paling cerdik?”, ia kembali bertanya. Beliau bersabda, “Yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.” Riwayat Ibnu Majah (4259). Hasan. 


Janganlah seorang Muslim tertipu dengan dunia, sehingga dia lalai dan meninggalkan ibadah kepada Allah Subhanahuwata'ala. Sedangkan manusia diciptakan  untuk beribadah. Allah Subhanahuwata'ala,


وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ


Maksudnya:"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” Az-Zariyat ayat 56.


Rezeki dan ajal telah ditentukan oleh Allah Subhanahuwata'ala , meskipun demikian seorang Muslim wajib mencari nafkah sekadarnya untuk kehidupan dia di dunia. Akan tetapi janganlah kesibukan  dengan usaha, perniagaan, kerja, dan sebagainya membuatkan ia lalai dari mengingat Allâh Subhanahuwata'ala .


Allah Subhanahuwata'ala berfirman:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ


Maksudnya:"Wahai orang-orang yang beriman!Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah.Dan barangsiapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi". Al-Munaafiquun ayat 9.


Setiap Muslim tidak boleh tertipu dengan kehidupan dunia. Setiap Muslim hendaklah mencurahkan waktunya untuk beribadah kepada Allah.


Ramai manusia yang terlalai sehingga banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia dan hanya digunakan untuk mengejar dunia. Waktu yang digunakan mulai dari pagi hingga malam harinya hanya untuk mengurusi dunia. Sedangkan rezeki itu datangnya dengan pasti, setiap anak yang lahir itu sudah membawa rezeki. Akan tetapi yang belum pasti adalah keadaan kita dihadapan Allah pada hari Kiamat, apakah amal kita diterima atau tidak, apakah kita akan masuk syurga atau neraka. Oleh karena itu, jangan jadikan dunia ini sebagai tujuan.


Sebaliknya jika kesibukan Muslim dalam ibadah kepada Allah dengan ikhlas dan itiiba’ serta senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahuwata'ala, nescaya Allah akan mendatangkan rezeki dan menutup kefakiran. Allah Subhanahuwata'ala berfirman:


وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا ﴿٢﴾ وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ


Maksudnya:"Barangsiapa bertakwa kepada Allâh nescaya Dia akan membukakan jalan keluar bagi-nya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya". Ath-Thalaq ayat 2-3.


Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman,


يَا ابْنَ آدَمَ ! تَفَرَّغْ لِعِبَادَتِـيْ أَمْلَأُ صَدْرَكَ غِنًـى وَأَسُدُّ فَقْرَكَ ، وَإِلَّا تَفْعَلْ مَلَأْتُ يَدَيْكَ شُغْلًا وَلَمْ أَسُدَّ فَقْرَكَ


Maksudnya:"Wahai anak Adam! Curahkanlah (gunakanlah) waktumu untuk beribadah kepada-Ku, nescaya Aku penuhi dadamu dengan kekayaan (kecukupan) dan Aku tutup kefakiranmu. Jika engkau tidak melakukannya, maka Aku penuhi kedua tanganmu dengan kesibukan dan Aku tidak akan tutup kefakiranmu". Riwayat Ahmad, II/358; at-Tirmidzi, no. 2466; Ibnu Majah, no. 4107


Orang yang tujuan hidupnya adalah akhirat, maka Allah Subhanahuwata'ala akan kumpulkan seluruh urusannya, Allah Subhanahuwata'ala akan jadikan hatinya itu merasa cukup dengan rezeki yang Subhanahuwata'ala berikan dan dunia akan datang dalam keadaan hina. Orang yang bahagia adalah orang cukup dan puas dengan rezeki yang Allah Subhanahuwata'ala berikan.


Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda:


قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ وَرُزِقَ كَفَافًا وَقَنَّعَهُ اللهُ بِمَا آتَاهُ


Maksudnya:"Sungguh beruntung orang yang masuk Islam, diberikan rezeki yang cukup, dan dia merasa puas dengan apa yang Allâh berikan kepadanya". Muslim(1054)


Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda:


مَاذِئْبَانِ جَائِعَانِ أُرْسِلَا فِيْ غَنَمٍ بِأَفْسَدَ لَهَا مِنْ حِرْصِ الْمَرْءِ عَلَى الْمَالِ وَالشَّرَفِ لِدِيْنِهِ


Maksudnya:"Dua serigala yang lapar yang dilepas di tengah kumpulan kambing, tidak lebih merosak dibandingkan dengan sifat rakus manusia terhadap harta dan kedudukan yang sangat merusak agamanya". at-Tirmidzi, no. 2376


Di dalam hadith ini Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam mengkhabarkan bahawa ketamakan manusia terhadap harta dan jawatan pasti akan merosak agamanya. Ketamakan manusia kepada harta dan kepemimpinan akan membawa kepada kezaliman, kebohongan dan perbuatan keji. Bahkan akan mendorongnya menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. 


Orang-orang yang gila kepada harta, kedudukan, jabatan, dan cinta kepada dunia mereka akan menyesal pada hari kiamat, ketika mereka diberikan catatan amalnya dari sebelah kirinya. Semua kekuasaan, jabatan, dan hartanya tidak bermanfaat di akhirat. Allah Subhanahuwata'ala berfirman:


وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِشِمَالِهِ فَيَقُولُ يَا لَيْتَنِي لَمْ أُوتَ كِتَابِيَهْ ﴿٢٥﴾ وَلَمْ أَدْرِ مَا حِسَابِيَهْ ﴿٢٦﴾ يَا لَيْتَهَا كَانَتِ الْقَاضِيَةَ ﴿٢٧﴾ مَا أَغْنَىٰ عَنِّي مَالِيَهْ ﴿٢٨﴾ هَلَكَ عَنِّي سُلْطَانِيَهْ


Maksudnya:"Dan adapun orang yang kitabnya diberikan di tangankirinya, maka dia berkata, “Alangkah baiknya jika kitabku(ini) tidak diberikan kepadaku.Sehingga aku tidak mengetahui bagaimana perhitunganku,Wahai, kiranya (kematian)itulah yang menyudahi segala sesuatu. Hartaku sama sekali tidak berguna bagiku. Kekuasaanku telah hilang dariku". Al-Haqqah ayat 25-29.


Justeru itu, seorang Muslim mestilah zuhud terhadap dunia dan qana’ah (merasa puas dengan rezeki yang Allâh kurniakan kepadanya). Setiap Muslim dan Muslimah mestilah sedar, bahawa kita diciptakan oleh Allah Subhanahuwata'ala untuk beribadah kepada-Nya . Kita wajib meluangkan waktu  untuk beribadah kepada Allah-Nya .




No comments:

Post a Comment

Guru, Ustaz selaku pendidik serta kelebihannya dan tanggungjawab pelajar atau murid terhadap gurunya.

Guru, Ustaz selaku pendidik serta kelebihannya dan tanggungjawab pelajar atau murid terhadap gurunya. Profesion sebagai seorang guru adalah ...