Monday, June 24, 2024

Keistimewaan dan keutamaan Hari Arafah

Keistimewaan dan keutamaan Hari Arafah

Sepuluh hari pertama bulan Zulhijah memiliki keistimewaan dan keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Pada hari-hari itu, segala amal ibadah yang dilakukan memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan hari-hari lainnya. Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


“مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ” (يعني أَيَّامَ الْعَشْرِ). قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ؟ قَالَ: “وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ، فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ”


Maksudnya:”Tidak ada hari-hari di mana amal soleh lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini (yakni, hari-hari sepuluh pertama Zulhijah).” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, tidak juga jihad di jalan Allah?” Beliau menjawab, “Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya, lalu tidak kembali dengan sesuatu apa pun dari itu”. Riwayat Abu Daud (2082)


Dalam hadith ini, Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam menjelaskan bahawa amal ibadah yang dilakukan pada hari-hari tersebut lebih dicintai oleh Allah Subhanahuwata’ala dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Al-Tibi menjelaskan bahawa amal soleh dalam sepuluh hari pertama Zulhijah ini adalah yang paling dicintai Allah kerana waktu tersebut adalah waktu yang paling mulia, termasuk di dalamnya adanya hari Arafah, yang disebut sebagai hari terbaik sepanjang tahun.


Sebagaimana disebutkan dalam hadith lain dari Abdullah bin Abbas radiyallahu’anhu. Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا الْعَمَلُ فِي أَيَّامٍ أَفْضَلَ مِنْ الْعَمَلِ فِي عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ قِيلَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْجِعْ بِشَيْءٍ


Maksudnya:”Dari Ibnu Abbas dari Nabi Sallallahu'alaihiwasallam, beliau bersabda: "Tidak ada amalan yang lebih utama daripada amalan pada hari sepuluh Zul Hijjah." Beliau ditanya; "Tidak pula berjihad di jalan Allah?" Beliau menjawab: "Tidak pula berjihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya, kemudian ia tidak kembali dengan sesuatupun”. Al-Darimi(1708)


Para ulama sepakat bahawa memanfaatkan sepuluh hari pertama Zulhijah dengan memperbanyak amal soleh adalah kesempatan yang amat berharga bagi setiap muslim untuk meraih pahala yang besar dan mendekatkan diri kepada Allah. Bahkan, jihad di jalan Allah tidak lebih utama daripadanya, kecuali bagi seseorang yang berkorban dengan jiwa dan hartanya tanpa kembali dengan apa pun. Hal ini sebagai menegaskan betapa agungnya nilai amal ibadah dalam sepuluh hari ini. Oleh kerana itu, kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan, berpuasa, berdoa, dan melakukan berbagai bentuk ibadah lainnya dalam hari-hari ini untuk mendapatkan keredhaan Allah dan keberkatan yang melimpah”. Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 3: 385.


Keutamaan dan kedudukan hari Arafah


Hari Arafah adalah hari kesembilan dari bulan Zulhijah. Pada hari ini, jemaah haji melaksanakan wukuf di padang Arafah, yang merupakan puncak dari seluruh rangkaian ibadah haji. 

Sabda Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam,

الْحَجُّ عَرَفَةُ


Maksudnya:”Inti Haji adalah wukuf di Arafah,....”. An-Nasai (2966)


Bagi umat Islam yang tidak melaksanakan haji, mereka dianjurkan untuk berpuasa pada hari ini. Sebagaimana hadith berikut,sabda Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam,


عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رضي الله عنه قَالَ: سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ صِيَامِ يَوْمِ عَرَفَةَ؟ فَقَالَ: “يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ


Maksudnya:”Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam ditanya tentang puasa pada hari Arafah. Maka, beliau menjawab, ‘Menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang”. Riwayat Muslim (1162)


Puasa hari Arafah ini memiliki keutamaan besar kerana dapat menghapuskn dosa dua tahun, yakni tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang.


Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa keutamaan hari Arafah yang penting untuk kita ketahui dan amalkan sesuai dengan petunjuk Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam:


Wasilah untuk bebas dari api neraka


Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam menyatakan bahawa pada hari ini, Allah Subhanahuwata’ala membebaskan lebih banyak hamba-hamba-Nya dari api neraka dibandingkan hari-hari lainnya.Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ


Maksudnya:”Tidak ada hari yang Allah lebih banyak membebaskan hamba dari neraka, selain hari Arafah”. Riwayat Muslim (1348)


Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


ما مِن يَومٍ أَكْثَرَ مِن أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فيه عَبْدًا مِنَ النَّارِ، مِن يَومِ عَرَفَةَ، وإنَّه لَيَدْنُو، ثُمَّ يُبَاهِي بهِمُ المَلَائِكَةَ، فيَقولُ: ما أَرَادَ هَؤُلَاءِ؟


Maksudnya:”Tidak ada hari yang Allah lebih banyak membebaskan hamba dari neraka, selain hari Arafah. Sesungguhnya Allah mendekat dan membanggakan mereka di hadapan para malaikat seraya berfirman, ‘Apa yang mereka inginkan?”. Riwayat Muslim (1348), 


Saat doa mustajab


Munajat seorang hamba yang dipanjatkan pada hari Arafah memiliki keutamaan khusus. Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ


Maksudnya:”Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah”. Riwayat Tirmizi (3585). 


Pada hari Arafah, doa-doa yang dipanjatkan lebih mudah dikabulkan oleh Allah Subhanahuwata’ala. Para sahabat Nabi Sallallahu‘alaihiwasallam sangat memanfaatkan waktu di hari Arafah untuk berdoa dan memohon keampunan.


Dosa-dosa diampuni


Hari Arafah juga dikenal sebagai hari pengampunan dosa. Pada hari Arafah, Allah Subhanahuwata’ala membebaskan banyak hamba-Nya dari api neraka. Ini adalah hari di mana Allah Subhanahuwata’ala membanggakan para hamba-Nya yang sedang berwukuf di hadapan para malaikat. 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


عَنْ ابْنِ الْمُسَيَّبِ قَالَ قَالَتْ عَائِشَةُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنْ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِي بِهِمْ الْمَلَائِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلَاءِ


Maksudnya:”dari Ibnul Musayyab ia berkata, Aisyah berkata; Sesungguhnya Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda: "Tidak ada satu hari pun yang di hari itu Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka daripada hari 'Arafah, sebab pada hari itu Dia turun kemudian membangga-banggakan mereka di depan para malaikat seraya berfirman: 'Apa yang mereka inginkan?”. Riwayat Muslim (2402). 


Hadith lain yang mendukung keutamaan ini adalah riwayat dari Abu Hurairah yang menyebutkan,


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيُبَاهِي الْمَلَائِكَةَ بِأَهْلِ عَرَفَاتٍ يَقُولُ انْظُرُوا إِلَى عِبَادِي شُعْثًا غُبْرًا


Maksudnya:” Dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah Sallallahu'alaihiwasallam Bersabda: "Sesungguhnya Allah 'azza wajalla berbangga diri kepada malaikat akan orang-orang yang (berhaji) di padang 'arafah seraya berfirman: 'lihatlah para hamba-Ku, rambut mereka kumal lagi berdebu” Riwayat Ahmad(7702)


Amalan-amalan di hari Arafah


1-Puasa Arafah


Puasa Arafah adalah puasa sunat yang dilakukan pada tanggal 9 Zulhijah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji. Salah satu keutamaannya adalah diampuni dosa-dosa selama dua tahun, satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Hal berdasarkan hadith Nabi Sallallahu‘alaihiwasallam yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah,



صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ



Maksudnya:” Puasa hari Arafah, aku berharap kepada Allah supaya ia dapat menghapuskan dosa-dosa setahun sebelumnya dan juga tahun selepasnya.Riwayat Muslim (1162)


Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ


Maksudnya:”Tidak ada hari yang Allah lebih banyak membebaskan hamba dari neraka, selain hari Arafah”. Riwayat Muslim (1348)


Hadith ini menunjukkan betapa besarnya keutamaan puasa Arafah sebagai salah satu cara untuk meraih ampunan Allah Subhanallahuwata’ala.


Zikir dan doa


Pada hari Arafah, sangat dianjurkan untuk memperbanyak zikir, termasuk takbir, tahlil, dan tahmid. Contoh zikir yang dicontohkan oleh Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam adalah:

Takbir: 


اَللهُ أًكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلَّه اْلحَمْدُ


Tahlil: “لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ”

Tahmid: “ٱلْحَمْدُ لِلَّٰهِ.”


Ini berdasarkan dalil:


عَنْ سَلْمَانَ قَالَ: كَبِّرُوْا، اَللهُ أًكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَ جَاءَ عَنْ عُمَرَ وَابْنِ مَسْعُوْدٍ: اَللهُ أًكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ اْلحَمْدُ.


Maksudnya: Diriwayatkan dari Salman, ia berkata: bertakbirlah dengan Allaahu akbar, Allaahu akbar kabiiraa. Dan diriwayatkan dari Umar dan Ibnu Mas’ud: Allaahu akbar, Allaahu akbar, laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar, Allaahu akbar wa lillaahil-hamd. Riwayat Abdul Razzaaq, dengan sanad sahih.


Sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam,


عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ قَالَ سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ كَيْفَ كُنْتُمْ تَصْنَعُونَ فِي هَذَا الْيَوْمِ يَعْنِي يَوْمَ عَرَفَةَ قَالَ كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُهِلُّ الْمُهِلُّ مِنَّا فَلَا يُنْكِرُ عَلَيْهِ وَيُكَبِّرُ الْمُكَبِّرُ مِنَّا فَلَا يُنْكِرُ عَلَيْهِ


Maksudnya:”Dari Muhammad bin Abu Bakr ia berkata; aku bertanya kepada Anas bin Malik; "Apa yang kalian lakukan pada hari ini (hari Arafah)?" [Anas] menjawab; "Ketika kami di tengah-tengah Rasulullah Sallallahu'alaihiwasallam, dari kami ada yang mengucapkan talbiah, dan beliau tidak mengingkarinya. Dan ada juga yang mengucapkan takbir, dan beliau juga tidak mengingkarinya”. Riwayat Ahmad (11626)


Sebagaimana juga sabda Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam,


عَنْ مَالِك عَنْ زِيَادِ بْنِ أَبِي زِيَادٍ عَنْ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ كَرِيزٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَفْضَلُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَأَفْضَلُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ


Maksudnya:”Dari Malik dari Ziyad bin Abu Ziyad dari Thalhah bin 'Ubaidullah bin Kariz, bahwa Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda: "Sebaik-baik doa adalah doa pada Hari Arafah. Sebaik-baik yang pernah aku baca dan juga nabi-nabi sebelumku adalah: 'لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ' (Tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya)”. Riwayat Malik(449)


Meskipun hadith ini memiliki kelemahan pada sanadnya, ramai ulama yang tetap menganjurkan untuk memperbanyak zikir dan doa pada hari Arafah kerana keutamaannya yang besar. 


Doa yang boleh diamalkan termasuk memohon keampunan, rahmat, dan perlindungan dari segala keburukan. Tidak ada doa khusus yang wajib diucapkan, tetapi memperbanyak doa dan memohon dengan sungguh-sungguh sangat dianjurkan.


Ibadah haji di Arafah


Wukuf di Arafah merupakan rukun haji yang paling utama, dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijah. Pada hari ini, jemaah haji berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan ibadah wukuf, yang bererti berdiam diri dengan penuh khidmat sambil memperbanyak doa, zikir, dan permohonan ampun kepada Allah Subhanahuwat’ala.


Ibadah mulia ini adalah sebagai puncak dari ibadah haji kerana pada hari ini Allah Subhanahuwata’ala banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka. Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bersabda,


عَنْ ابْنِ الْمُسَيَّبِ قَالَ قَالَتْ عَائِشَةُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِيهِ عَبْدًا مِنْ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو عَزَّ وَجَلَّ ثُمَّ يُبَاهِي بِهِمْ الْمَلَائِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلَاءِ


Maksudnya:”Dari Ibnu Al Musayyab berkata; dari Aisyah radliallahu 'anha, baslhwa Rasulullah Sallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Tidak ada hari yang lebih banyak Allah bebaskan hamba dari api neraka dari pada hari Arafah. (Pada hari itu) Allah Subhanahuwata'ala akan mendekat, kemudian berbangga dengan para hamba-Nya kepada para Malaikat, seraya berfirman: 'Apa gerangan yang mereka inginkan?”. Ibnu Majah(3005)


Wukuf di Arafah juga menjadi momentum penting bagi jemaah haji untuk bertaqarrub dengan Allah Subhanahuwata’ala. Jemaah haji yang sedang melaksanakan ibadah ini berada dalam suasana yang penuh khidmat dan kekhusyukan, merendahkan diri di hadapan Allah Subhanahuwata’ala, mengakui segala dosa dan kesalahan, serta memohon ampunan dan rahmat-Nya.

Keutamaan hari Arafah ini juga tercermin dalam anjuran Rasulullah Sallallahu‘alaihiwasallam bagi umat Islam yang tidak berhaji untuk berpuasa pada hari tersebut, yang mana puasa Arafah diampuni dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Hal ini menunjukkan betapa besar rahmat dan ampunan Allah Subhanahuwata’ala yang diberikan pada hari yang mulia ini, menjadikan wukuf di Arafah sebagai bahagian dari momen puncak peribadatan seorang muslim.


Semoga Allah Subhanahuwata’ala memberikan limpahan rezeki kepada kita dan memudahkan kita untuk mampu melaksanakan ibadah haji. 

اللهمّ آمين.



No comments:

Post a Comment

Mendirikan Masyarakat Atas Dasar Aqidah Islam.

Mendirikan Masyarakat Atas Dasar Aqidah Islam. Aqidah yang dimaksudkan dalam membentuk masyarakat Islam ialah aqidah yang berpandukan, لَا إ...